Cuci Bantal dan Sarung Bantal

Kapan Harus Cuci Bantal?, Berikut Hal yang Harus Kamu Ketahui!

in Tips And Trick
Bagikan konten kami

Meskipun terdengar sepele, cuci bantal harus kamu lakukan secara rutin. Manusia Tentu saja membutuhkan tidur. Dengan tidur kita bisa beristirahat dari berbagai kepenatan yang sudah terjadi. Namun, tentu saja sebagai manusia kita harus mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satunya adalah dengan tidur di kasur. Selain meningkatkan kualitas istirihat kita, tidur di kasur juga meningkatkan kenyamanan kita sehingga resiko badan terasa sakit – sakit akan terhindar.

Namun perlu kamu ketahui bahwa tubuh manusia melepaskan banyak kuman dan bakteri ketika tidur. Menjaga kebersihan, mulai dari kasur, sprei, bantal, sarung bantal dan guling beserta sarungnya harus kamu lakukan secara rutin.

Buat kamu yang senang pake bantal dan guling, tentu saja kedua benda ini harus dibersihkan secara rutin karena selalu kontak dengan tubuhmu yang mengeluarkan kotoran. Jika tidak membersihkannya secara rutin, ranjang bisa menjadi tempat yang penuh oleh bakteri dan debu yang bisa menyebabkan berbagai penyakit. Tidak ada yang mau sakit karena tempat tidur yang kotor.

Alasan Harus Rutin Cuci Bantal

Cuci Bantal Bantal yang Menguning

Bukan hanya debu, ada banyak sekali benda yang bisa membuat bantal menjadi kotor, seperti sisa minyak, keringat, sel kulit mati dan yang lain sebagainya. Hal – hal ini bisa menjadi penyebab tungau dan bakteri bersarang di ranjang. Tidak akan aneh jika kamu mengalami jerawat, alergi dan penyakit lainnya karena tidak mencuci bantal dengan baik. Mencuci bantal dengan rutin bisa menjaga kesehatan wajah dan kulit tubuh, bahkan resiko alergi dari pernapasan juga tidak akan kamu rasakan.

Waktu yang Tepat Untuk Cuci Bantal

Cuci Bantal Mesin Cuci

Lalu kapan waktu yang tepat untuk mencuci bantal?. Kapanpun bisa kamu lakukan, namun akan lebih baik jika kamu melakukannya setidaknya 4 kali dalam setahun, minimal 2 kali. Jika kamu menggunakan sarung bantal, maka sarung bantal akan lebih baik dicuci sebanyak seminggu sekali bersamaan dengan seprai, selimut dan bed cover. Hal ini dilakukan agar bantal dan sarung bantal selalu dalam keadaan yang higienis ketika kamu gunakan saat tidur. Buat jadwal mencuci sarung bantal dan bantal jika kamu merasa sebelumnya jarang mencuci perlengkapan tidur tersebut.

Cara Mencuci Bantal yang Benar

Jenis – jenis bantal bisa kamu bedakan dari bahan isiannya, karena itu tiap jenis bantal memiliki cara pencucian yang berbeda – beda. Misalkan saja, bantal bulu, lateks dan memory foam tidak boleh kamu cuci menggunakan mesin cuci. Deterjen bisa membuat isian bantal bulu jadi saling menempel, sedangkan untuk lateks dan memory foam, memasukannya kedalam mesin akan membuat bentuknya berubah. Tentu kamu tidak akan nyaman ketika tidur.

Karena itu, pastikan untuk mengetahui bahan isian bantal tersebut dan cari cara membersihkannya dengan benar sehingga bantal tidak akan mudah rusak dan tetap awet. Jangan lupa untuk menggunakan sarung bantal dari sarungbantalcustom!. Jika kamu mencari sarung bantal dengan bahan yang lembut, awet dan motif yang beragam, segera kunjungi sarungbantalcustom dan pesan sekarang melalui whatsapp!.

 


Bagikan konten kami